Workshop Problem Based Learning

image
By On Friday, August 23 rd, 2019 · no Comments · In

Problem-Based Learning (PBL) atau Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) adalah metode pengajaran yang bercirikan adanya permasalahan nyata sebagai konteks untuk para peserta didik belajar berfikir kritis dan keterampilan memecahkan masalah, dan memperoleh pengetahuan (Duch, 1995).  Finkle dan Torp (1995) menyatakan bahwa PBM merupakan pengembangan kurikulum dan sistem pengajaran yang mengembangkan secara simultan strategi pemecahan masalah dan dasar-dasar pengetahuan dan keterampilan dengan menempatkan para peserta didik dalam peran aktif sebagai pemecah permasalahan sehari-hari yang tidak terstruktur dengan baik.  Dua definisi di atas mengandung arti bahwa PBL atau PBM merupakan setiap suasana pembelajaran yang diarahkan oleh suatu permasalahan sehari-hari

Belum lama ini, Sekolah Tinggi Manajemen Logistik Indonesia (STIMLOG) bersama Politeknik Pos Indonesia melaksanakan Worshop Problem-Based Learning (PBL), workshop ini diikuti oleh seluruh dosen pengajar yang ada di lingkungan STIMLOG dan POLTEKPOS, dimana pada kegiatan ini diisi oleh pemaparan – pemaparan dari beberapa dosen yang di jadikan pembicara mengenai hal tersebut,

Metode pembelajaran yang kurang efektif dan efisien, menyebabkan tidak seimbangnya kemampuan kognitif, afektif dan psikomotorik, misalnya pembelajaran yang monoton dari waktu ke waktu, dosen yang bersifat otoriter dan kurang bersahabat dengan mahasiswa, sehingga mahasiswa merasa bosan dan kurang minat belajar. Untuk mengatasi hal tersebut maka dosen sebagai tenaga pengajar dan pendidik harus selalu meningkatkan kualitas profesionalismenya yaitu dengan cara memberikan kesempatan belajar kepada mahasiswa dengan melibatkan mahasiswa secara efektif dalam proses pembelajaran.

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
X