Ulang Tahun Ke-2 APERTI

image
By On Tuesday, January 29 th, 2019 · no Comments · In

Aliansi Perguruan Tinggi (APERTI) BUMN sambut ulang tahun ke-2 dengan menyiapkan 3 agenda penting dalam mengawali tahun 2019. Agenda tersebut dibahas dalam rapat rutin anggota APERTI di kampus STIMLOG jl.Sari Asih No. 54 Sarijadi, Bandung, Selasa (22/1/2019).

APERTI BUMN merupakan wadah lima perguruan tinggi BUMN yakni Sekolah Tinggi Teknik PLN (STT PLN), Universitas Pertamina (UP), Telkom University (TEL-U), Sekolah Tinggi Manajemen Logistik (STIMLOG), dan Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI) yang mempunyai tujuan membangun kerjasama dari para anggota dalam menjawab tantangan kebutuhan BUMN, mulai dari kajian ilmiah hingga pemenuhan Sumber Daya Manusia dalam memaksimalkan sinerginya telah menetapkan 3 agenda penting dalam menyambut ulang tahun ke-2 serta membahas program-program lainnya.

Agenda yang dibahas dalam rapat rutin tersebut diantaranya, persiapan penerbitan jurnal, penyambutan kunjungan mahasiswa Government Linked Universities (GLU) Malaysia dan penyelenggaraan lomba lari yang diinisiasi oleh APERTI untuk umum.

Dalam kesempatan wawancara usai rapat rutin, Budi W Soetjipto,Ph.D selaku Wakil Rektor III Universitas Pertamina mewakili Ketua Umum mengatakan,”Rapat rutin diantaranya membahas tentang sinergitas dari 5 universitas yang tergabung dalam APERTI dalam menerbitkan Jurnal. Mengingat karena terdiri dari 5 universitas maka mengenai beban biaya dan koordinasi sumber tulisan dapat lebih efisien dan lebih mengefisienkan waktu penerbitannya”.

Selain itu, lanjut Budi, kerjasama lainnya seperti seminar, penelitian bahkan program KKN dari LPPM pun bisa bersinergi dalam pelaksanaannya, sehingga keunggulan dari masing-masing universitas juga dapat diterapkan kepada masyarakat secara sistematis.

“Agenda kedua yang kurang lebih akan terlaksana pada Bulan April yakni menyambut kunjungan mahasiswa GLU dari Malaysia,”kata Budi.

Sejak melaksanakan MoU dengan GLU, bisa dibilang GLU itu APERTI BUMN nya Malaysia yang terdiri dari 4 universitas diantaranya Universiti Tenaga Nasional (UNITEN), Universiti Teknologi Petronas (UTP), Universiti Kuala Lumpur (UNIKL), Multimedia University (MMU) melakukan kunjungan balasan ke Indonesia yang sebelumnya dilakukan oleh APERTI BUMN sekitar Bulan Juni 2018 lalu.

“Diharapkan dengan kunjungan balasan tersebut membawa dampak positif kepada kedua belah pihak. Sehingga dapat memajukan bidang pendidikan, penelitian, dan juga pengabdian masyarakat serta publikasi – publikasi ilmiah,”papar Budi.

“Sedangkan Agenda ketiga mengenai akan digelarnya lomba lari untuk umum dalam rangka ulang tahun ke-2 APERTI BUMN yang masih terus dibahas agar lebih matang terselenggaranya karena menyangkut reputasi APERTI,”pungkas Budi.

Senada dengan yang disampaikan oleh Budi W Soetjipto,Ph.D, masih dalam kesempatan wawancara Bandung Side dengan Ketua STIMLOG sebagai tuan rumah, Rachmawati Wangsaputra, Ph.D yang juga sebagai Bendahara APERTI BUMN mengatakan,”Penerbitan Jurnal yang diagendakan dalam rapat sangatlah penting bagi APERTI. Hal ini dikarenakan siklus penelitian yang dilakukan masing-masing perguruan tinggi haruslah dipublikasikan. Terbentuknya APERTI juga membawa ruh kekhasan dari masing-masing BUMN sehingga interdisiplin akademiknya menjadikan kekhasan juga. Akan tetapi dengan adanya kekhasan tersebut, memiliki problem komplek dengan multi aspek untuk dapat bersinergi yang merupakan amanah dari fungsi Tri Darma Perguruan Tinggi”.

“Merujuk Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB), Nomor 17 Tahun 2013, dan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 92 Tahun 2014, kenaikan jenjang jabatan akademik dosen mewajibkan untuk publikasi pada jurnal ilmiah nasional terakreditasi dan jurnal internasional bereputasi di bidangnya. Kebijakan ini memberikan suatu arah agar publikasi ilmiah jabatan fungsional Dosen di Indonesia terus ditingkatkan. Adapun tujuan dari publikasi ini adalah mensosialisasikan hasil temuan dari kajian atau penelitian berdasarkan evidence(bukti/kebenaran/fakta/data) di lapangan baik di tingkat lokal, nasional, regional dan internasional,”kata Rachmawati memaparkan .

Banyak sekali fakta hasil kajian dan penelitian dari akademik yang sebetulnya sangat penting dan menarik untuk diakses dan dijadikan bahan yang sangat penting untuk pengambilan keputusan, tetapi dilapangan sulit untuk diperoleh/diakses/dijangkau oleh pengambil kebijakan atau pihak pengguna lainnya yang menjadi stakeholder. Hal ini disebabkan karena hasil kajian/penelitian para peneliti, dosen, mahasiswa tidak dipublikasikan secara luas, lanjut Rachmawati.

“Publikasi yang berkualitas dan terindeks dalam jurnal mempengaruhi reputasi dan visibilitas perguruan tinggi dimana Dosen tersebut berada. Masih rendahnya komitmen dosen dalam melakukan publikasi hasil penelitian melalui terbitan berkala ilmiah atau dalam bentuk jurnal mempunyai tujuan mengasah kemampuan menuliskan dalam artikel ilmiah terbitan berkala ilmiah dari masing-masing perguuan tinggi sehingga dapat mengembangan budaya menulis dan memotivasi untuk menulis baik laporan ataupun hasil riset yang dilakukan oleh dosen khususnya. Dan paling penting adalah meningkatkan reputasi perguruan tinggi,”tegas Rachmawati.

Selain agenda penerbitan jurnal, agenda yang lain dalam penyambutan kunjungan mahasiswa GLU dan lomba lari dalam menyambut ulang tahun ke-2 APERTI merupakan sinergitas dan implementasi dari fungsi Tri Darma Perguruan Tinggi serta dalam rangka menjalankan misi dari APERTI BUMN yang telah tersepakati. “Adapun misi yang diusung oleh APERTI BUMN diantaranya, bergotong royong memperjuangkan kepentingan anggota aliansi perguruan tinggi BUMN untuk menjadi perguruan tinggi maju dan unggul berkontribusi dalam pembangunan nasional khususnya mencetak sumber daya manusia berkualitas. Selain itu, merencanakan dan melaksanakan kegiatan sinergi berkualitas yang berkontribusi dalam pembangunan nasional, serta meningkatkan kemampuan belajar bersama antar anggota aliansi,”pungkas Rachmawati.

 

 

 

 

 

Referensi : http://bandungside.com/2019/01/sambut-ulang-tahun-ke-2-aperti-siapkan-3-agenda/

X
All for Joomla All for Webmasters